Minggu, 19 Juni 2011

Akhirnya PKS patok parliamentary threshold 3 persen



Senayan - Sekjen PKS Anis Matta, memastikan partainya telah memutuskan untuk menyetujui ambang batas perolehan suara (parliamentary threshold) pada Pemilu 2014 sebanyak 3 persen. Sebelumnya di Badan Legislasi DPR, PKS mengasumsikan PT berkisar 3-4 persen.

”Ya soal PT untuk revisi UU Pemilu, kita mengusulkan 3 persen. Sebenarnya kalau mau, PKS bisa saja tetap pada pandangan semula. Pilihan ini juga untuk menghormati partai baru atau partai kecil untuk tetap bisa ikut dalam peserta pemilu mendatang,” ujar Anis di Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (17/6).

Anis mengatakan, dari sembilan partai yang lolos di DPR saat ini pun sebenarnya tingkat perolehan suaranya relatif rata-rata mendekati angka itu. Karenanya jika terlalu mematok angka PT tinggi sampai 5 persen belum tentu hal yang realistis.

”Coba kita perhatikan, sebenarnya perolehan suara dari sembilan partai yang menguasai DPR saat ini pun relatif sama. Jadi kami pun menggunakan angka yang cukup realistis juga pada ketentuan PT dalam Pemilu 2014 mendatang,” kata wakil ketua DPR ini.

Di tingkat partai yang tergabung dalam koalisi persoalan PT tidak sama. Seperti Golkar mengusulkan PT 5 persen. Sedangkan di tengah-tengah, 4 persen diusulkan Demokrat. Sedangkan partai lainnya bersama PKS hanya 3 persen.

Atas wacana kemungkinan persoalan PT ini dibawa dalam rapat Setgab, Anis pun mengatakan tidak setuju. Menurutnya, persoalan PT ini tetap diselesaikan di DPR saja.

”Kita tidak perlulah perbedaan usulan PT dibahas di tingkat Setgab,” pungkasnya


sumber PKS piyungan 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jadwal Sholat