Senin, 15 Agustus 2011

Membentuk Mukmin Sejati

       Membentuk Mukmin Sejati dapat melalui banyak Cara, dan kali ini yang dibahas adalah melalui yang tercantum dalam Surat Ali Imran ayat 133 sd 135 .Dan Arti Dari ayat tersebut adalah Allah Berfirman

133. Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, 

134. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.
135. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri[229], mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.

[229]. Yang dimaksud perbuatan keji (faahisyah) ialah dosa besar yang mana mudharatnya tidak hanya menimpa diri sendiri tetapi juga orang lain, seperti zina, riba. Menganiaya diri sendiri ialah melakukan dosa yang mana mudharatnya hanya menimpa diri sendiri baik yang besar atau kecil.

Dari Ayat Di atas Kita Dapat mengambil hikmah yaitu :     

1.Ustadz menjelaskan bahwa kita harus bersegera menuju ampunan Allah dan kepada syurga yang   diperuntukan untuk orang orang bertakwa.
2.Orang orang bertakwa yang dimaksud adalah yang pertama orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit.Jadi ternyata kalo berinfak bukan hanya di waktu lapang saja,tetapi juga di waktu kita susah juga .
3.Orang orang yang bertakwa kedua adalah orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang.Dan ternyata ini tidak mudah bagi kita untuk melakukannya,jarang ketika kita emosi lalu kita dapat menahan marahnya atau bahkkan memaafkan.dan ini biasanya mudah kita ucapkan tapi tidak mudah untuk dipraktekan dalam keseharian,Dan kita berdoa kepada Allah agar kita bisa menahan amarah dan memaafkan kesalahan orang yang telah mendzolimi kita.amiin
4.Dan Allah menyukai orang orang yang suka berbuat kebajikan.
5.Dan terakhir orang bertakwa juga mempunyai ciri orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, lalu mereka langsung ingat Allah dan memohon ampunan,karena hanya Allah yang mengampuni dosa dosa hambaNYa dan tidak melakukannya lagi.Kalau kata ustadz jangan kaya taubat sambel.Dia taubat pedas pada hari itu dan tidak mau lagi ,tetapi pada hari selanjutnya ia memakannya lagi walaupun pedas.

Dan Membentuk Mukmin Sejati adalah tema yang diangkat dalam kajian dhuha di Masjid Nurul Ittihad pada hari Ahad tgl 14 Ramadhan 1432 bersama Ustd Ansori,Lc.Dan yang benar datangnya dari Allah dan janganlah ragu untuk mengambilnya, dan yang salah datangnya dari saya pribadi mohon dimaafkan atas kesalahnnya.

Semoga Kita bisa menjalankan itu semua dan menjadi mukmin sejati.amiin

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jadwal Sholat